8 Tips Ini Sudah Terbukti Membantu Banyak Mahasiswa yang Kesulitan Menyelesaikan Skripsi.




Tugas akhir alias skripsi sering kali jadi momok tersendiri bagi para mastingkir (Mahasiswa Tingkat Akhir). Tapi berlama-lama menyelesaikannya pun nggak enak, loh.

Image via www.umy.ac.id


Berikut ini 8 tips agar kamu bisa cepat selesaikan skripsi dan lolos dari pertanyaan “kapan lulus” “sudah bab berapa?”, atau “kapan sidang” atau “kapan kawin”. Semoga nggak bikin kamu bingung lagi ya!

1. Tentuin waktu produktifmu.


Image via manorforminds.tumblr.com

Setiap orang punya waktu produktif yang berbeda-beda. Nggak harus selalu di pagi hari kok, kapanpun itu asal kamu nyaman pada jam tersebut, maksimalin deh. Karena semangat nyekripsi itu jarang datang begitu saja!

2. Isi perut dengan makanan bergizi.

Image via theberry.com

Yap, yang ini nggak kalah pentingnya nih. Di saat mandek sebenarnya itu pertanda dari tubuh kamu perlu diberi asupan. Disarankan untuk makan yang tidak terlalu banyak dan “berat” karena dapat berdampak jadi ngantuk. Makan buah dan kacang-kacangan bisa menjadi alternatif snack sehat kamu :)

3. Cari referensi.

Image via www.umy.ac.id

Nah, ini yang rada susah-susah-gampang. Seringkali para mahasiswa punya judul yang oke, bahkan sudah disetujui oleh dosen pembimbing, tapi… referensinya susah. Jangan menyerah, qaqaa. Kamu bisa mencoba mencari referensi via jurnal-jurnal yang biasanya berbayar di perpustakaan kamu. Kalau perpustakaan kamu tidak berlangganan, kamu bisa daftar jadi anggota perpustakaan sebelah yang berlangganan. ((((siapa tau kamu bisa nemu gebetan disana, mayan kan mood booster skripsi *ehh))

4. PDKT ama dosen.

Image via cariberita.ga


Buat kamu yang sudah terlanjur dapet dosen yang “killer” jangan putus asa dulu. Yakin deh, mereka juga manusia punya titik jenuh untuk selalu jadi “killer” hahaha. Rajin-rajin konsul, dan selalu berprogress saat bimbingan akan memberimu poin lebih.

5. Manfaatkan pertemananmu sebaik-baiknya.

Image via cariberita.ga


Ingat, bahwa kamu nggak sendiri bahkan bukan orang pertama yang ngerjain skripsi. Kamu punya teman seperjuangan yang kamu bisa ajak kerjasama untuk berbagi informasi. Tak hanya itu, kamu juga bisa berdiskusi kepada kakak angkatan yang sudah berpengalaman soal seluk-beluk skripsi. Bahkan tak jarang mereka akan dengan senang hati memberitau mengenai pengalaman-pengalaman yang mungkin nggak kamu kira sebelumnya. So, be nice to them :)

6. Beribadah.


Image via instapray




Yap, salah satu fase kereligiusan seseorang dapat dipengaruhi oleh pada fase skripsian ini, hahaha. Selain emang kewajiban kamu untuk meluangkan waktu kepada-Nya, beribadah dapat menjadi jeda untuk kamu mendapat inspirasi disaat mandek. :)

7. Kombinasikan hobi dan passionmu.

Image via blog.ted.com



Take a breath and relax. Kamu tentunya punya hobi sebagai luapan passionmu, kan? Nah di saat skripsian gini, biasanya kamu akan menjadi lebih kreatif untuk mengkombinasikan hobi dan moment ngerjain skripsimu agar tetap fokus. Misal nih, skripsianmu membahas mengenai “Hubungan Rusia dan Indonesia”, kamu yng doyan bahasa asing bisa hindari kemandekanmu dengan belajar bahasa Rusia sedikit-sedikit. Jadi kamu bisa perluas wawasan, salurkan hobi serta passionmu dan proses pengerjaan skripsimu bisa lebih bersemangat!

8. Temukan inspirasi.

Image via copywriting.com



Nah adakalanya kamu udah bener-bener mandek. Adakalanya kamu ingin keluar sejenak dari tali jerat skripsi ini. Drama kehidupan lainpun tak luput dari hari-hari ngerjain skripsimu. Salah satunya soal duit. Bisa dibayangin kan, semakin lama skripsimu kelar, semakin banyak biaya yang harus dikeluarkan oleh orang tuamu, loh. Makin pusing deh. Eh tapi jangan salah, kamu bisa refreshing cari inspirasi bin dapetin duit dalam satu moment loh. Caranya gimana? Cari tau di sini.


1 comments:

KISAH SUKSES SAYA DARI HONORER JADI PNS
no hp bpk heru purwaka beliau selaku kepala biro umum di BKN pusat yang telah membantu saya jadi PNS 0853-4777-0574

KISAH CERITA SAYA JADI PNS Assalamu Alaikum wr-wb,Mohon maaf mengganggu waktu dan aktifitas ibu/bapak,saya cuma bisa menyampaikan melalui pesan singkat dan semoga bermanfaat, saya seorang honorer baru saja lulus jadi PNS tahun 2014, dan Saya ingin berbagi cerita kepada anda, Bahwa dulunya saya ini cuma seorang Honorer di sekolah dasar, Sudah 7 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 5 kali mengikuti ujian, tidak pernah lolos bahkan saya sempat putus asah,namun teman saya memberikan no telf Bpk drs heru purwaka yang bekerja di BKN pusat Jl. Letjen Sutoyo No. 12 Jakarta Timur 13640 sebagai Kepala biro umum yang di kenalnya di bkn jakarta dan saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, Satu minggu kemudian saya sudah ada panggilan ke jakarta untuk ujian, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar,dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau dan sudah mau membantu saya, itu adalah kisa nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya anda bisa, Hubungi Bpk DRS HERU PURWAKA selalu aktif 0853-4777-0574 siapa tau beliau masih bisa membantu anda wassalam.


EmoticonEmoticon