Aplikasi Versi Native dengan versi Mobile Web meng review dengan BlackBerry






  • Native Apps


Aplikasi jenis ini berjalan pada perangkat mobile anda, dan diakses melalui ikon yang ada pada layar perangkat anda, aplikasi ini biasanya dikembangkan secara khusus untuk 1 platform, dan dapat menggunakan semua fitur yang ada pada masing-masing perangkat seperti kamera, GPS, accelerometer , kompas , daftar kontak , dan sebagainya. Merka juga dapat menggunakan sensor gerak (baik yang sudah disediakan Operating System, atau yang disesuaikan oleh pembuat aplikasi). Dan aplikasi ini dapat menggunakan sistem notifikasi (pemberitahuan) perangkat, dan dapat bekerja secara offline (tanpa koneksi internet).





  • Mobile Web Apps

Aplikasi ini berbeda dengan Native Apps, ini adalah website yang terlihat dan terasa seperti Nateive Apps. Web Apps dijalankan menggunakan browser yang ada pada perangkat dan biasanya ditulis menggunakan HTML5. Pengguna pertama-tama mengakses URL khusus kemudian pada halaman tersebut terdapat pilihan “Memasang” pada home screen perangkat anda, dengan kata lain membuat Bookmark ke halaman tersebut.


Pada fitur yang tersedia pada HTML5, Web Apps dapat mengakses GPS, tap-to-call, dan mulai dikembangkan untuk dapat mengakses kamera pada perangkat secara langsung. Meskipun saya belum melihat adanya aplikasi web (atau halaman web) yang menggunakan fitur HTML5 sepenuhnya. Aplikasi ini menjadi sangat populer ketika HTML5 mulai diperkenalkan dan orang-orang menyadari bahwa mereka dapat memperoleh fungsi yang menyerupai Native Apps dalam browser mereka. Dan kini semakin banyak situs yang menggunakan HTML5, sehingga perbedaan Native App dengan Web App mulai tidak terlihat..


. >> baiklah kawan, sekarang kita akan mencoba review aplikasi tersebut menggunakan point User Experience dan Penyajian Konten, saya meng review lewat aplikasi Blackberry



  • User Experience

 kali ini saya akan meng review aplikasi Detik,com :




  • disaat pertama masuk ke aplikasi detik,com melalui versie native kita tidak harus menunggu loding yang lama, berbeda dengan versie mobile web. 





versie mobile web




versie native



  • saat membuka aplikasi Detik.com yang versi native kita tidak di sibukkan dengan iklan, langsung di arahkan ke berita-berita yang populer.




versi Native




Versie Mobile web
  • saat membuka sub menu, dari versie native kita hanya menggerakkan kursor saja, sangat berbeda dengan versi mobile web yang harus di klik
 versie Native






versie mobile web


  • saat melakukan search (pencarian) dengan aplikasi versi native kita tida di sibukkan dengan berbagai macam hal, berbeda dengan versi mobile web.



versi mobile web


versie native
  • menggunakan versie native kita tidak akan menemukan menemukan iklan apapun, beda dengan versie mobile web yang jelas-jelas kita di sibukkan dengan berbagai iklan,


versie native



 versie mobile web



2. Penyajian konten

sekarang kita akan membahas tentang penyajian dari aplikasi Detik.com

  •  dari aplikai versie native penyajian menunya lebih jelas dan mudah untuk melakukan pencarian, ketimbang versi mobile web yang harus menunggu loding.


versi mobile web

versie native
  •  submenu untuk halaman berita yang ditampilkan dari versie native dan mobile web jelas berbeda. untuk versie native lebih mudah


versie mobile web



Versie Native


  • Kesimpulan 

Membangun sebuah aplikasi mobile jika dinalar memang seharusnya memakai framework yang disarankan (baca: native), selain dari sisi hasil akhir aplikasi yang lebih mantap dan apik, performa aplikasi native juga bisa dibilang sempurna. Framework HTML5 akan sangat baik jika memang seorang developer membutuhkan waktu cepat untuk membangun secara cross-platform namun dengan hasil yang tidak sebaik aplikasi native.
Secara proses, HTML5 merupakan terobosan baru dibidang development aplikasi mobile, dimana hanya dengan pengetahuan satu bahasa pemrograman maka dapat digunakan untuk beberapa platform.


Nah, Itulah review tentang Aplikasi Web Detik.com. semoga bermamfaat untuk kita semua. 
Andalah yang memilih & Happy coding 😀



EmoticonEmoticon